Wajah memiliki peran penting untuk menentukan menarik atau tidaknya penampilan seseorang. Ketika bertemu seseorang, wajah adalah hal pertama yang kita lihat untuk menilai bagaimana penampilan orang tersebut. Maka tak mengherankan jika banyak orang yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, putih, dan segar. Terlebih untuk para wanita, memiliki kulit wajah putih, bersih dan segar seperti sudah menjadi kewajiban tersendiri. Tak jarang mereka menutupi kekurangan kulit wajah dengan menggunakan makeup setiap hari agar mendapat penampilan yang selalu segar. padahal penggunaan makeup dan produk kecantikan wajah lainnya sering kali malah membuat kulit wajah menjadi kusam. Belum lagi dengan masalah kulit wajah lainnya seperti jerawat, komedo, dan kulit berminyak yang seringkali mengganggu penampilan. Untuk menghindarinya, kebersihan wajah sebelum kita tidur harus sangat kita jaga.

Membersihkan Kulit Wajah Dengan Benar

Menutup kulit wajah menggunakan makeup sehari-hari memang dapat membantu cara memutihkan wajah kita untuk mendapatkan penampilan sempurna dan segar sepanjang hari. Namun, jika tidak dibarengi dengan perawatan wajah yang tepat, wajah akan kusam dan kering karena terlalu lama tertutup oleh makeup. Sama seperti bagian tubuh lain, kulit wajah juga harus diberi waktu untuk bernapas agar dapat beregenerasi dengan baik, terlebih ketika malam hari. Malam hari adalah saat yang paling tepat bagi wajah untuk bebas dari berbagai olesan produk makeup. Di malam hari pula, kulit wajah akan beregenerasi sehingga ketika pagi tiba, kulit wajah bisa kembali cerah. Oleh karena itu, untuk membebaskan wajah dari segala kotoran dan makeup yang menempel, kita perlu membersihkannya dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan kulit wajah dengan baik dan benar.

  • Pastikan tangan bersih

Tujuan dari mencuci kulit wajah adalah untuk membersihkan segala debu kotoran dan sisa makeup yang menempel di kulit wajah. Ketika kita membersihkan kulit wajah dengan tangan yang kotor, kita hanya akan memindahkan kuman dan bakteri dari tangan ke kulit wajah. Bukannya bersih, kulit wajah hanya akan semakin kotor. Terlebih tangan adalah sumber kuman dan bakteri karena seringkali kita tidak sadar benda apa saja yang telah kita sentuh. Kita mungkin menganggap tangan kita bersih karena tidak terlihat kotor atau bau tidak sedap, namun kita tidak tahu ada banyak bakteri dan kuman yang sebenarnya menempel di sana. Oleh karena itu, untuk menghindari masalah tak diinginkan pada kulit wajah, sangat dianjurkan untuk membersihkan tangan sebelum kita membersihkan wajah. Terlebih kulit wajah kita yang lebih sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

  • Gunakan milk cleanser

Sebelum mencuci wajah dengan sabun, sangat dianjurkan untuk membersihkan kulit wajah dari debu kotoran dan makeup yang telah dipakai seharian. Produk milk cleanser sangat cocok untuk membersihkan kotoran di kulit wajah sebelum membersihkannya dengan sabun. Gunakan kapas untuk membersihkan wajah menggunakan milk cleanser hingga bersih. Kotoran dan sisa makeup akan terlihat menempel di kapas yang digunakan. Usapkan kapas beberapa kali pada wajah hingga kulit wajah benar-benar bersih dari debu kotoran dan sisa makeup. Perlu kita ingat, membersihkan kulit wajah dengan milk cleanser menggunakan kapas tidak boleh diusap terlalu keras, karena bisa melukai kulit wajah. Lakukan dengan lembut, namun tetap dapat dipastikan kebersihannya. Bersihkan juga area di sekitar kulit wajah seperti leher, telinga, dan bagian belakang telinga.

  • Pilih produk sesuai jenis kulit

Salah satu rahasia memiliki kulit wajah yang bebas dari jerawat dan masalah kulit lainnya adalah dengan menggunakan pembersih yang tepat. Untuk mendapatkannya, kita harus mengetahui kondisi kulit kita. Jenis kulit kering, berminyak, normal atau sensitif membutuhkan pembersih yang berbeda. Jenis kulit berminyak tentu tidak akan cocok menggunakan produk pembersih untuk kulit kering. Jika tetap dipaksakan, produksi minyak akan semakin banyak sehingga akan menimbulkan masalah pada kulit wajah. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu akan sangat membantu kita untuk dapat memilih jenis pembersih yang sesuai. Terlebih saat ini ada banyak sekali merek produk perawatan kulit wajah yang menawarkan berbagai kelebihan hingga membuat kita bingung untuk memilih salah satunya.

  • Gunakan air hangat

Kebersihan air yang akan digunakan untuk membersihkan wajah memang harus diperhatikan. Selain itu, suhu pada air juga perlu diperhatikan agar proses membersihkan kulit wajah dapat menghasilkan hasil yang lebih optimal. Suhu air yang paling baik digunakan untuk membersihkan wajah bukanlah air dingin, melainkan air hangat. Air dengan suhu hangat suam-suam kuku sangat bagus untuk membersihkan kulit wajah karena dapat membukan pori-pori pada kulit wajah kita. Dengan begitu, kotoran yang tersembunyi di balik pori-pori kulit dapat terangkat dan wajah pun akan bersih optimal. Namun kita harus memperhatikan suhu air, dan sebaiknya tidak menggunakan air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

  • Gerakan memutar dan pijat perlahan

Langkah tepat membersihkan wajah menggunakan facial wash adalah dengan menaruhnya ditangan kemudian gosokan hingga mengeluarkan busa. Usapkan busa sabun Amoorea ke bagian-bagian muka dengan lembut dan gerakan memutar. Awali usapan dari daerah pipi, dahi, dagu dan hidung. Menggosok busa dikulit wajah tidak boleh dilakukan terlalu keras, lakukan dengan lembut namun dengan tekanan yang tidak terlalu keras seperti memijat. Pijatan tersebut dimaksudkan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang ada dibalik pori-pori kulit sehingga wajah akan lebih bersih. Setelah semua bagian wajah dan sekitar wajah bersih, segera bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut yang bersih.

  • Tambahkan toner

Untuk lebih mengoptimalkan kebersihan pada kulit wajah, gunakan toner setelah mencuci wajah dengan facial wash. Selain untuk membersihkan kulit wajah dari sabun yang digunakan, toner juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Ketika pori-pori kulit wajah telah menutup dan wajah tampak segar, maka wajah siap untuk menggunakan berbagai produk skincare lainnya pada malam hari, atau produk makeup pada pagi hari.

  • Lakukan dua kali sehari

Membersihkan kulit wajah sangat dianjurkan untuk tidak terlalu sering dilakukan karena wajah akan iritasi dan kering. Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Sebelum menggunakan berbagai macam produk makeup, wajah harus dalam kondisi bersih dan segar. begitu pula ketika kita akan tidur, kulit wajah harus dipastikan dalam kondisi bersih agar dapat beregenerasi dengan optimal ketika kita tidur. Kondisi demikian akan membuat wajah tampak segar ketika kita bangun di pagi hari. Sedangkan membersihkan wajah pada pagi hari akan membersihkan sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran di pori-pori kulit wajah yang muncul selama kita tertidur. Lakukan rutinitas membersihkan wajah dua kali sehari setiap hari untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik bersih, putih, dan segar.