Rambut merupakan bagian tubuh yang akan sangat menentukan rapi tidaknya penampilan kita, terlebih untuk wanita. Kesehatan dan keindahan rambut akan sangat mempengaruhi bagaimana penampilan seseorang terlihat. Orang yang memiliki rambut hitam berkilau, lebat dan lembut tentu terlihat lebih menarik karena dia memperhatikan kesehatan dan kecantikan rambutnya. Bukan hanya untuk wanita yang mayoritas memiliki rambut panjang, namun juga untuk para pria meskipun mereka berambut pendek. Sayangnya, kesibukan yang mengharuskan kita melakukan banyak hal membuat kita tak sempat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Terlebih saat ini sedang trend bergaya dengan mewarnai, mengkriting, dan meluruskan rambut yang banyak dilakukan oleh orang-orang.

Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Menggunakan Masker

Mengikuti trend bergaya rambut yang sedang banyak dilakukan oleh orang-orang saat ini memang tidak ada salahnya. Sayangnya, trend seperti menyasak, mengkriting, meluruskan, dan mewarnai rambut akan membuat rambut rusak jika tidak dirawat dengan baik. Rambut yang telah diperlakukan demikian membutuhkan perawatan lebih intensif dibandingkan rambut yang tidak di model apapun. Jika tidak demikian, berbagai masalah rambut akan muncul, bahkan rambut bisa saja rusak jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Masalah rambut seperti kulit kepala berketombe, rambut rontok, mudah patah, dan rambut bercabang adalah beberapa masalah rambut yang seringkali muncul. Untuk menghindari dan mengatasinya, masker rambut bisa sangat bermanfaat bagi kita. Berikut beberapa langkah pemakaian masker rambut yang tepat.

  • Bersihkan rambut terlebih dahulu

Kondisi terbaik untuk menggunakan masker rambut adalah ketika rambut telah bebas dari minyak, keringat, dan kotoran pada rambut lainnya. Kita bisa menggunakan shampoo yang biasa kita gunakan untuk membersihkan rambut sebelum rambut dioleskan pada rambut. Bilas dengan air bersih yang dingin agar pori-pori pada kulit kepala terbuka dan kotoran dapat dibersihkan secara optimal. Setelah memastikan rambut telah bersih, hilangkan air pada rambut dengan menggunakan handuk bersih. Kondisi rambut baiknya tidak terlalu basah dan tidak kering ketika akan dimasker. Rambut yang lembab adalah kondisi paling baik untuk menggunakan masker. Jika tetesan air pada rambut telah hilang, maka rambut siap untuk di masker.

  • Pilih produk masker yang sesuai dengan jenis dan masalah pada rambut

Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut, pemakaian masker juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada rambut. Maka dari itu, agar permasalahan pada rambut dapat teratasi dengan baik, pemilihan jenis masker harus disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Saat ini ada banyak sekali produk masker rambut yang dijual di toko swalayan sehingga tidak perlu harus ke salon ketika ingin menggunakan masker rambut. Jika permasalahan rambut yang dihadapi berkaitan dengan ketombe, maka pilih masker yang dapat mengatasi permasalahan ketombe dan kulit kepala. Begitu pula pemilihan jenis masker rambut lainnya yang harus disesuaikan dengan permasalahan pada rambut.

  • Oleskan masker secara menyeluruh

Dalam kondisi rambut dan kulit kepala yang telah bersih dan lembab, masker siap untuk dioleskan di seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Oleskan masker di jari tangan, kemudian usapkan secara merata di kulit kepala atau akar rambut. Hal tersebut bertujuan agar nutrisi yang ada masker lebih mudah menyerap hingga ke akar rambut. Lakukan pijatan kecil ketika mengusapkan masker ke kulit kepala. Pijatan kecil akan membuka pori-pori di kulit kepala sehingga nutrisi dapat terserap dengan lebih baik. Setelah bagian akar rambut, oleskan pula masker di batang rambut untuk memperkuat rambut agar tidak mudah patah. Penyebab lain dari kerontokan pada rambut adalah rambut yang mudah patah karena kekurangan nutrisi. Selain itu, pengolesan masker juga dilakukan hingga ke ujung rambut agar nutrisi disebarkan hingga ke ujung rambut. Rambut bercabang ataupun berwarna kusam akan teratasi secara perlahan dengan menggunakan masker rambut.

Diamkan rambut beberapa saat

Setelah masker diusapkan secara merata ke akar rambut, batang rambut, hingga ujung rambut, diamkan masker pada rambut sampai beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu pada nutrisi yang ada pada rambut agar meresap ke dalam rambut dan kulit kepala. Untuk hasil optimal, rambut dapat dibungkus dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat dan diperas. Handuk yang lembab dan hangat dibungkuskan ke kepala. Untuk rambut yang tidak dikeriting, diwarnai, diluruskan atau lain sebagainya, cukup diamkan selama 4-6 menit. Sedangkan rambut yang telah banyak diperlakukan sesuatu, diamkan selama 8-10 menit.

  • Bilas hingga bersih

Setelah didiamkan selama beberapa menit, rambut dapat dibilas dengan menggunakan air dingin. Membersihkan rambut dari masker rambut biasanya sedikit sulit karena masker rambut sulit hilang. Oleh karena itu, bersihkan rambut beberapa kali hingga masker benar-benar hilang. Gosok kulit kepala dengan sedikit bertenaga agar sisa masker rambut terangkat sepenuhnya. Jangan biarkan sedikit saja masker tertinggal di rambut atau kulit kepala karena mungkin saja akan menimbulkan masalah pada rambut. Oleh karena itu, kita harus membersihkan sisa masker dengan teliti dan jangan sampai ada yang tersisa di rambut atau kulit kepala. Jika rambut dirasa sudah tidak licin, itu berarti masker rambut telah terangkat sepenuhnya dari kulit kepala dan rambut.

  • Keringkan rambut dan tambahkan vitamin rambut

Langkah terakhir adalah mengeringkan rambut dengan cara mengusapnya dengan handuk kering untuk menghilangkan tetesan air pada ujung rambut. Jika sudah lumayan kering, keringkan menggunakan kipas angin, hairdryer, atau hanya diangin-anginkan saja. Penggunaan hairdryer untuk mengeringkan rambut juga harus diperhatikan. Gunakan angin yang tidak menimbulkan panas pada hairdryer karena dapat membuat rambut kering dan bercabang. Keringkan dengan baik dan pastikan jika tidak ada bagian yang masih lembab. Membiarkan rambut dalam keadaan lembab dapat menyebabkan munculnya ketombe. Setelahnya, kita bisa menggunakan vitamin rambut untuk membuat rambut lebih terjaga kebutuhannya. Vitamin rambut akan memberikan nutrisi lebih yang dibutuhkan rambut sekaligus menjaga rambut dari kerusakan. Menggunakan vitamin rambut juga harus diperhatikan, jangan sampai mengenai kulit kepala dan hanya oleskan vitamin mulai dari batang hingga ujung rambut. Menggunakan masker dua minggu sekali dan menggunakan vitamin rambut akan membuat rambut kita berkilau indah dan sehat,pastikan anda selalu mendapatkan informasi terupdate tentang kecantikan dan perawatan.