Tampil maksimal sepanjang hari dengan wajah yang segar merupakan suatu keharusan bagi wanita yang menjalani aktivitas di luar rumah. Penampilan yang menarik dan segar tentu saja akan memberikan kesan positif bagi siapa saja yang berpapasan. Untuk mendapatkan tampilan yang segar sepanjang hari, meskipun banyak kegiatan yang dilakukan, para wanita biasa menggunakan berbagai macam produk makeup. Salah satu yang wajib dibawa kemana-mana adalah bedak. Dengan menggunakan bedak, kulit wajah bisa terlihat lebih segar meskipun kita telah lelah melakukan pekerjaan maupun mengerjakan tugas sepanjang hari. Selain itu, bedak juga bisa menutupi kekurangan yang ada pada wajah seperti warna kulit tidak merata, bintik hitam, bekas jerawat, bahkan minyak berlebih,namun tidak sedikit juga wanita yang mengalami masalah rambut rontok yang juga dapat merusak penampilan yang sebenarnya bisa di atasi dengan menggunkan bahan alami lidah buaya.

Cara Pemilihan Dan Beberapa Jenis Bedak

Bedak memiliki fungsi yang sangat penting ketika melakukan kegiatan merias wajah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peran bedak yang begitu penting mengharuskan wanita dapat memilih bedak dengan benar. Penggunaan bedak setiap harinya tentu akan mempengaruhi kesehatan kulit wajah jika bedak yang dipakai tidak sesuai dengan kulit wajah. Terlebih ada banyak jenis dan merek bedak yang tersebar di pasaran. Setiap jenis bedak tentu saja memiliki manfaat dan kandungan yang berbeda sehingga kita harus bisa memilih bedak yang sesuai dengan kulit kita. Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum memilih bedak yang tepat.

  • Jenis kulit

Pertimbangan pertama sebelum memilih jenis bedak yang tepat adalah mengetahui jenis kulit kita. Apakah jenis kulit kering, berminyak, berjerawat, normal atau campuran? Apapun merek bedak yang dipilih, tetap harus disesuaikan dengan jenis kulit kita agar bedak tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah. Kulit yang berminyak harus menggunakan bedak yang memiliki kandungan minyak sedikit. Jika tidak, masalah minyak pada wajah hanya akan semakin parah karena menggunakan bedak yang banyak mengandung minyak. Begitu pula jenis kulit kering yang seharusnya menggunakan bedak yang mengandung minyak agar kulit tidak semakin kering.

  • Warna kulit

Pertimbangan lainnya sebelum memilih bedak adalah menyesuaikan dengan warna kulit. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali warna bedak yang beredar dipasaran. Memilih warna bedak yang sesuai dengan warna kulit dimaksudkan agar warna kulit wajah setelah diaplikasikan bedak, tidak jauh berbeda dengan warna kulit leher, dan tangan. Maka dari itu, pemilihan warna pada bedak harus sangat disesuaikan dengan warna kulit wajah. Memang tidak ada warna bedak yang sama persis dengan warna kulit wajah oleh karena itu, kita harus jeli ketika akan memilih warna bedak. Tentu kita tidak ingin jika bedak yang kita pakai membuat warna wajah terlalu gelap atau terang sehingga nampak berbeda dengan warna kulit leher atau tangan.

Kedua pertimbangan di atas harus kita lakukan dengan baik untuk mendapatkan bedak yang memang kita butuhkan dan sesuai dengan yang kita inginkan. Jenis kulit normal adalah kulit paling mudah untuk memilih bedak karena akan tetap cocok menggunakan semua jenis bedak. Sedangkan untuk kulit jenis lainnya, harus sangat berhati-hati dalam memilih bedak agar permasalahan pada kulit wajah tidak semakin memburuk setelah menggunakan jenis bedak yang salah. Selain itu, pemilihan warna bedak juga harus disesuaikan dengan warna kulit agar hasil makeup tidak nampak mencolok. Wajah yang terlalu cerah karena menggunakan bedak dengan warna yang salah akan sangat tidak cocok ketika warna kulit leher dan tangan nampak jauh lebih gelap. Agar pemilihan bedak dapat berjalan dengan baik, kita perlu mengetahui beberapa jenis bedak seperti di bawah ini.

  • Loose powder atau bedak tabur

Jenis bedak yang satu ini adalah salah satu bedak yang paling banyak digunakan oleh wanita Indonesia karena teksturnya yang ringan. Sebenarnya jenis bedak yang satu bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, karena bentuknya yang kering, maka bedak ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Bagi mereka yang memiliki kulit kering juga tetap bisa menggunakan bedak yang satu ini tapi setelah menggunakan pelembab atau BB Cream agar kulit tidak terlalu kering.

  • Compact powder atau bedak padat

Bedak padat sebenarnya hampir mirip dengan bedak tabur hanya saja pengemasannya dipadatkan sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana tanpa takut tumpah. Bedak padat data digunakan untuk menutupi pori-pori kulit yang besar sehingga kulit wajah terlihat lebih halus. Jenis bedak yang satu ini sangat cocok untuk jenis kulit kering dan dapat bertahan lama ketika menggunakannya. Bedak padat kurang cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak karena bedak akan luntur ketika kulit berkeringat atau mengeluarkan minyak. Tentu kita tidak ingin terlihat seperti memakai topeng karena bedak yang kita gunakan luntur akibat keringat dan minyak pada wajah.

  • Two way cake

Jenis bedak two way cake adalah bedak yang sudah dicampur dengan kandungan foundation di dalamnya sehingga kita tidak memerlukan alas bedak lagi ketika akan memakainya. Jenis bedak ini cenderung berat karena terdapat kandungan foundation di dalamnya. Hal tersebut menyebabkan bedak two way cake cocok untuk digunakan ketika akan menghadiri acara-acara formal seperti pernikahan, undangan makan malam kantor, wisuda, dan acara formal lainnya. Bedak ini sangat praktis untuk digunakan, terlebih kita tidak perlu lagi menggunakan foundation sebelum menggunakan bedak ini.  Jenis kulit normal dan kering sangat cocok untuk menggunakan bedak jenis ini karena di dalamnya mengandung minyak yang akan melembabkan kulit wajah. Sedangkan untuk mereka yang memiliki kulit wajah berminyak kurang cocok menggunakan bedak two way cake.