Memiliki masalah pada rambut memang terasa menyebalkan karena rambut adalah bagian penting dari penampilan kita. Rambut yang indah, sehat dan terawat tentu akan menambah nilai plus pada penampilan kita. Sebaliknya, rambut yang sulit diatur, kusam, dan bercabang akan memberikan nilai buruk pada penampilan kita karena tidak dapat merawat rambut dengan baik. padahal mungkin saja kerusakan pada rambut terjadi karena rambut sering diperlakukan semena-mena. Perlakukan tersebut diantaranya adalah mengkriting, mencatok, meluruskan, menggunakan hairdryer, atau mewarnainya terlalu sering tanpa dibarengi dengan perawatan teratur. Hal demikian tentu saja akan merusak keindahan dan kesehatan rambut secara perlahan. Rambut yang tadinya lebat, hitam berkilau dan bergelombang alami menjadi rontok, bercabang dan kusam akibat terlalu sering diwarnai atau diluruskan.

Keuntungan Menggunakan Masker Rambut Sendiri

Jika berbagai permasalahan rambut seperti yang disebutkan di atas telah mulai muncul, maka rambut sangat membutuhkan perawatan dengan menggunakan masker rambut. Perawatan rambut, khususnya masker rambut biasanya dapat dilakukan di salon mewah yang menyediakan hair treatment. Namun saat ini ada banyak sekali produk masker rambut instan yang bisa kita gunakan sendiri di rumah. Menggunakan masker instan memang praktis dan ekonomis, tapi menggunakan masker rambut dari bahan alami akan lebih praktis dan ekonomis. Beberapa bahan alami dapat kita gunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut ini beberapa keuntungan dengan menggunakan bahan alami sebagai masker rambut.

  • Praktis dan ekonomis

Bahan alami seperti lemon, cuka dan lidah buaya adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker rambut alami. Bahan tersebut tentu saja sering kita jumpai dan sangat mudah untuk mendapatkannya. Selain itu, harga ketiga bahan tersebut juga sangat ekonomis dan jauh dari kata mahal jika dibandingkan dengan masker rambut instan atau hair treatment di salon. Dengan menggunakan ketiga bahan tersebut, kita telah menghemat banyak biaya. Selain itu, cara menggunakan ketiga bahan tersebut untuk masker juga sangat praktis dan sama sekali tidak ribet.

  • Cepat

Melakukan hair treatment di salon kecantikan tentu saja mengharuskan kita untuk keluar rumah dan melakukan perjalanan di jalanan macet yang membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi jika harus mengantri, itu berarti kita harus menunggu untuk waktu yang tidak sebentar. Hal tersebut tentu saja memakan waktu yang lama hanya sekedar untuk mendapatkan masker rambut. Berbeda halnya jika kita menggunakan masker sendiri di rumah. Melakukan perawatan rambut sendiri dengan menggunakan masker rambut tidak akan memakan waktu yang lama. Terlebih kita tidak harus keluar rumah, sehingga masker rambut dapat diselesaikan hanya dalam waktu beberapa menit.

  • Nutrisi dan keamanan terjamin

Karena menggunakan bahan alami, masker rambut yang kita gunakan tidak akan berbahaya jika kita menggunakannya dalam jangka waktu yang pendek. Berbeda dengan masker rambut yang ada di salon atau masker rambut instan yang banyak dijual di pasaran. Memang ada beberapa merek masker rambut dengan kandungan ringan dan dapat digunakan setiap minggu, namun banyak pula masker rambut yang memiliki kandungan berat. Masker rambut yang demikian dianjurkan hanya digunakan sebulan dua kali atau bahkan sekali dalam sebulan. Belum lagi efek samping dari kandungan kimia yang terkandung di dalam masker rambut tersebut. Oleh karena itu, masker rambut yang paling aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping adalah masker rambut dari bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai masker rambut dan cara penggunaannya.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang berguna untuk menyerap minyak berlebih yang keluar dari kulit serta mengecilkan pori-pori kulit. Minyak berlebih yang keluar di kulit kepala biasanya akan menyebabkan kulit kepala gatal bahkan ketombe. Hal tersebut tentu sangat mengganggu ketika kita sedang menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan masker rambut lidah buaya, permasalahan tersebut dapat teratasi. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup pisahkan gel lidah buaya dari kulitnya, kemudian usapkan gel tersebut secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut yang telah dicuci. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

  • Lemon

Kita tentu tahu bahwa lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat berperan untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit sehingga produksi minyak di kulit kepala dapat dikurangi  dengan menggunakan lemon sebagai masker rambut. Cara pemakaian masker rambut menggunakan lemon juga sangat mudah, cukup peras lemon hingga keluar airnya. Kemudian campurkan air lemon tersebut dengan air agar tidak terlalu perih ketika menggunakannya sebagai masker. Setelah tercampur, basuhkan larutan air lemon tersebut ke seluruh bagian kepala yang dapat dijangkau. Pastikan rambut dalam keadaan bersih sebelum memakai masker lemon. Setelahnya cukup diamkan selama 20 menit hingga larutan air lemon meresap ke dalam kulit kepala. Gunakan handuk yang telah dicelupkan di air hangat untuk menutup kepala agar penyerapan masker rambut lebih optimal.

Memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan tebal adalah dambaan semua orang. Mengikuti trend perawatan dengan mewarnai rambut, mengkriting, mencatok, dan meluruskan rambut memang tidak ada salahnya. Namun, kita harus lebih memberikan perhatian kepada rambut yang telah kita warnai. Jika tidak, kerusakan rambut akan terjadi dan kita akan menyesal jika tidak segera mengatasinya. Oleh karena itu, pemakaian masker rambut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Tak perlu mahal dengan melakukan hair treatment ke salon, cukup manfaatkan bahan alami yang bisa membantu kita merawat